Luas Bangunan : 5973 M2
Luas Tanah : 10.000 M2
Luang Belajar : 28 Ruang
Majelis Guru : 2 Ruang
Labor IPA : 2 Ruang
Ruang Pertemuan : 1 Ruang
Gor : 1
Ruang Kepala Sekolah : 1 Rauang
Ruang Kesenian : 1 Ruang
Labor Komputer : 2 Ruang
Jumlah Guru : 87 Orang
Jumlah Siswa : 780 Orang
PROFIL
SEKOLAH
DIREKTORAT PEMBINAAN SMP
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
2011
1. Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Bangkinang
2. No.
Statistik Sekolah :
201 140 605 001
3. Tipe
Sekolah : A1
4. Alamat
Sekolah :
Jl. Olahraga No. 25
Bangkinang
:
(Kecamatan) Bangkinang
: (Kabupaten/Kota) Kampar
: (Propinsi) Riau
5. Telepon/HP/Fax : (0762) 20009 /
08127544553
6. Email/Webe-site :
7. Status Sekolah : Negeri
8. Nilai Akreditasi Sekolah : A (Nilai Kumulatif : 94,38)
9. Penetapan
sebagai RSBI : Tahun 2008
10. Status
RSBI : RSBI Reguler
11. Prosentase
ruang kelas yang sudah berbasis IT : 90 %
12. Prosestase
guru yang S2/S3 : 6,06 %
13. Apakah
Sekolah sudah memiliki fasilitas HOT-SPOT
: Sudah
14. Apakah sekolah sudah memiliki sister-school : Sudah
Apabila sudah : sekolah : Seri Bintang Utara Kuala Lumpur
Negara : Malaysia
Tahun : 2010
15. Apakah sekolah sudah memiliki sertifikat ISO 9001 : a. Sudah (b.) Belum
Apabila sudah : Lembaga sertifikasi
:
...........................................................................................................
Versi ISO : ..............................................................................................................
Tahun :
.............................................................................................................
16. Kontribusi Pendanaan dari Pemerintah dan
Pemerintah Daerah :
Th. Pelajaran
|
Pusat
|
Propinsi
|
Kab/Kota
|
Masyarakat
|
Jumlah
|
Dalam Juta
|
Dalam Juta
|
Dalam Juta
|
Dalam Juta
|
Dalam Juta
|
|
2008/2009
|
300
|
240
|
160
|
168
|
868
|
2009/2010
|
777,961
|
410
|
322,729
|
168
|
1.678,690
|
2010/2011
|
771,960
|
410
|
322,729
|
168
|
1.678,690
|
17. Data Peserta
Didik Baru pada tahun terakhir yang dinyatakan diterima di sekolah
Tahun
|
Jumlah Pendaftar
Peserta Didik Baru
|
Jumlah Peserrta
Didik Baru yang diterima
|
NUN yang diterima
|
2008/2009
|
298
|
274
|
70
|
2009/2010
|
274
|
274
|
70
|
2010/2011
|
282
|
254
|
70
|
18. Data Siswa 4
(empat tahun terakhir) siswa reguler :
Th. Pelajaran
|
Jml Pendaftar
(Cln Siswa Baru)
|
Kelas VII
|
Kelas VIII
|
Kelas IX
|
Jumlah
(Kls. VII + VIII +
IX)
|
||||||||
Jml Siswa
|
Jumlah Rombel
|
Jml Siswa
|
Jumlah Rombel
|
Jml Siswa
|
Jumlah Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
||||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
||||||
2007/2008
|
274
|
119
|
152
|
8
|
121
|
149
|
7
|
125
|
164
|
8
|
365
|
465
|
23
|
2008/2009
|
298
|
127
|
144
|
8
|
124
|
153
|
8
|
122
|
153
|
7
|
373
|
450
|
23
|
2009/2010
|
274
|
127
|
144
|
9
|
124
|
153
|
8
|
122
|
153
|
7
|
373
|
450
|
24
|
2010/2011
|
282
|
110
|
150
|
10
|
127
|
147
|
9
|
122
|
150
|
9
|
359
|
447
|
28
|
19. Data Siswa 3 (empat tahun terakhir) siswa Billingual
(RSBI):
Th. Pelajaran
|
Jml Pendaftar
(Cln Siswa Baru)
|
Kelas VII
|
Kelas VIII
|
Kelas IX
|
Jumlah
(Kls.
VII + VIII + IX)
|
||||||||
Jml Siswa
|
Jumlah Rombel
|
Jml Siswa
|
Jumlah Rombel
|
Jml Siswa
|
Jumlah Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
||||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
||||||
2008/2009
|
79
|
15
|
31
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
15
|
31
|
2
|
2009/2010
|
105
|
48
|
47
|
4
|
15
|
31
|
2
|
-
|
-
|
-
|
63
|
78
|
6
|
2010/2011
|
108
|
45
|
98
|
6
|
48
|
47
|
4
|
15
|
31
|
2
|
108
|
176
|
12
|
20. Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
a.
Kepala sekolah
Nama
|
Jenis Kela-min
|
Usia
|
Pend. Akhir
|
Masa Kerja
|
|||
L
|
P
|
||||||
1.
|
Kepala Sekolah
|
SYARIFUDDIN, M.Pd
|
L
|
47
|
S2
|
23
|
|
2.
|
Wakil Kepala
Sekolah
|
YASSIN OSKANDAR
|
L
|
48
|
D3
|
23
|
b.
Guru
1.
Kualifikasi Pendidikan, Status, Jenis
Kelamin, dan Jumlah
No.
|
Tingkat Pendidikan
|
Jumlah dan Status Guru
|
Jumlah
|
|||
GT/PNS
|
GTT/Guru Bantu
|
|||||
L
|
P
|
L
|
P
|
|||
1.
|
S3/S2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2.
|
S1
|
10
|
37
|
4
|
7
|
58
|
3.
|
D-4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4.
|
D3/Sarmud
|
4
|
7
|
-
|
-
|
11
|
5.
|
D2
|
-
|
1
|
-
|
-
|
1
|
6.
|
D1
|
-
|
2
|
-
|
-
|
2
|
Jumlah
|
14
|
47
|
4
|
4
|
72
|
2.
Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai dengan latar
belakang pendidikan (keahlian)
No.
|
Guru
|
Jumlah guru dengan latar belakang
pendidikan sesuai dengan tugas mengajar
|
Jumlah guru dengan latar belakang
pendidikan yang TIDAK sesuai dengan tugas mengajar
|
Jumlah
|
||||||
D1/D2
|
D3/
Sarmud
|
S1/D4
|
S2/S3
|
D1/D2
|
D3/
Sarmud
|
S1/D4
|
S2/S3
|
|||
1.
|
IPA
|
-
|
-
|
9
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
9
|
2.
|
Matematika
|
-
|
1
|
6
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
-
|
1
|
6
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7
|
4.
|
Bahasa Inggris
|
-
|
2
|
6
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
8
|
5.
|
Pendidikan Agama
|
-
|
1
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
6.
|
IPS
|
-
|
1
|
6
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7
|
7.
|
Penjasorkes
|
-
|
2
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
8.
|
Seni Budaya
|
-
|
-
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
9.
|
PKn
|
-
|
1
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
10.
|
TIK/Keterampilan
|
-
|
-
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
11.
|
BK
|
-
|
-
|
6
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
6
|
12.
|
Lainnya: ..............
|
2
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Jumlah
|
2
|
14
|
51
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
62
|
3.
Pengembangan kompetensi/profesionalisme
guru
No.
|
Jenis Pengembangan Kompetensi
|
Jumlah Guru yang
telah mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi/profesionalisme
|
|||
Laki-laki
|
Jumlah
|
Perempuan
|
Jumlah
|
||
1.
|
Penataran KTSP
|
10
|
11
|
21
|
|
3.
|
Penataran Metode
Pembelajaran (termasuk CTL)
|
1
|
4
|
5
|
|
4.
|
Penataran PTK
|
3
|
3
|
6
|
|
5.
|
Penataran Karya Tulis Ilmiah
|
||||
6.
|
Sertifikasi Profesi/Kompetensi
|
4
|
16
|
20
|
|
7.
|
Penataran PTBK
|
1
|
7
|
8
|
|
8.
|
Penataran lainnya:
..............
|
4.
Prestasi guru
No.
|
Jenis lomba
|
Perolehan
kejuaraan 1 sampai 3 dalam 3 tahun terakhir
|
|
Tingkat
|
Jumlah Guru
|
||
1.
|
Lomba PTK
|
Nasional
|
-
|
Provinsi
|
1
|
||
Kab/Kota
|
1
|
||
2.
|
Lomba Karya tulis
Inovasi Pembelajaran
|
Nasional
|
-
|
Provinsi
|
-
|
||
Kab/Kota
|
-
|
||
3.
|
Lomba Guru
Berprestasi
|
Nasional
|
-
|
Provinsi
|
1
|
||
Kab/Kota
|
1
|
||
4.
|
Lomba lainnya: ...............................
|
Nasional
|
|
Provinsi
|
|||
Kab/Kota
|
|||
4.
|
Nasional
|
||
Provinsi
|
|||
Kab/Kota
|
c.
Guru Billingual (RSBI)
1.
Kualifikasi Pendidikan, Status, Jenis
Kelamin, dan Jumlah
No.
|
Tingkat Pendidikan
|
Jumlah dan Status Guru
|
Jumlah
|
|||
GT/PNS
|
GTT/Guru Bantu
|
|||||
L
|
P
|
L
|
P
|
|||
1.
|
S3/S2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2.
|
S1
|
3
|
10
|
-
|
2
|
15
|
3.
|
D-4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4.
|
D3/Sarmud
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5.
|
D2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6.
|
D1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7.
|
≤ SMA/sederajat
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
d.
Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai dengan latar
belakang pendidikan (keahlian)
No.
|
Guru
|
Jumlah guru dengan latar
belakang pendidikan sesuai dengan tugas mengajar
|
Jumlah guru dengan latar
belakang pendidikan yang TIDAK sesuai dengan tugas mengajar
|
Jumlah
|
||||||
D1/D2
|
D3/
Sarmud
|
S1/D4
|
S2/S3
|
D1/D2
|
D3/
Sarmud
|
S1/D4
|
S2/S3
|
|||
1.
|
IPA
|
-
|
-
|
6
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
8
|
2.
|
Matematika
|
-
|
1
|
6
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
8
|
3.
|
Bahasa Inggris
|
-
|
1
|
4
|
1
|
-
|
-
|
1
|
-
|
7
|
4.
|
Bahasa Indonesia
|
-
|
1
|
5
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Jumlah
|
-
|
3
|
21
|
2
|
-
|
-
|
3
|
-
|
29
|
e.
Pengembangan kompetensi/profesionalisme
guru Billingual
No.
|
Jenis Pengembangan Kompetensi
|
Jumlah
Guru yang telah mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi/profesionalisme
|
|||
Laki-laki
|
Jumlah
|
Perempuan
|
Jumlah
|
||
1.
|
Penataran KBK/KTSP
|
10
|
11
|
21
|
|
3.
|
Penataran Metode Pembelajaran (termasuk CTL)
|
1
|
4
|
5
|
|
4.
|
Penataran PTK
|
3
|
3
|
6
|
|
5.
|
Sertifikasi Profesi/Kompetensi
|
4
|
16
|
20
|
|
6.
|
Pelatihan Billingual
|
2
|
5
|
7
|
|
7.
|
Penataran
lainnya: ..............
|
f.
Prestasi guru Billingual
No.
|
Jenis
lomba
|
Perolehan
kejuaraan 1 sampai 3 dalam 3 tahun terakhir
|
|
Tingkat
|
Jumlah Guru
|
||
1.
|
Lomba Kompetensi guru
antar sekolah
|
Nasional
|
-
|
Provinsi
|
-
|
||
Kab/Kota
|
-
|
||
2.
|
Lomba Karya tulis
Inovasi Pembelajaran berbasis IT
|
Nasional
|
-
|
Provinsi
|
-
|
||
Kab/Kota
|
-
|
||
3.
|
Lomba Guru Billingal Berprestasi
|
Nasional
|
-
|
Provinsi
|
-
|
||
Kab/Kota
|
g.
Tenaga Kependidikan: Tenaga Pendukung
No.
|
Tenaga pendukung
|
Jumlah tenaga pendukung dan
kualifikasi pendidikannya
|
Jumlah tenaga pendukung Berdasarkan
Status dan Jenis Kelamin
|
Jumlah
|
||||||||
≤ SMP
|
SMA
|
D1
|
D2
|
D3
|
S1
|
PNS
|
Honorer
|
|||||
L
|
P
|
L
|
P
|
|||||||||
1.
|
Tata Usaha
|
-
|
8
|
-
|
-
|
1
|
-
|
2
|
7
|
-
|
1
|
10
|
2.
|
Perpustakaan
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
1
|
3.
|
Laboran lab. IPA
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
4.
|
Teknisi lab.
Komputer
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
5.
|
Laboran lab.
Bahasa
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6.
|
PTD (Pend Tek.
Dasar)
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7.
|
Kantin
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
8.
|
Penjaga Sekolah
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
9.
|
Tukang Kebun
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
2
|
10.
|
Keamanan
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
11.
|
Lainnya:
...................
|
|||||||||||
Jumlah
|
3
|
10
|
-
|
-
|
2
|
1
|
3
|
8
|
5
|
1
|
17
|
21. a)
Data Ruang Belajar (Kelas)
Kondisi
|
Jumlah dan ukuran
|
Jml. ruang lainnya
yg digunakan untuk r. Kelas
(e)
|
Jumlah
ruang yg digunakan u. R. Kelas
(f)=(d+e)
|
|||
Ukuran
7x9 m2 (a)
|
Ukuran
> 63m2 (b)
|
Ukuran
< 63 m2 (c)
|
Jumlah (d) =(a+b+c)
|
|||
Baik
|
8
|
15
|
5
|
28
|
............. ruang, yaitu: ………
|
28
|
Rsk ringan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
Rsk sedang
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
Rsk Berat
|
||||||
Rsk Total
|
Keterangan kondisi:
Baik
|
Kerusakan < 15%
|
Rusak ringan
|
15% - < 30%
|
Rusak sedang
|
30% - < 45%
|
Rusak berat
|
45% - 65%
|
Rusak total
|
>65%
|
b) Data Ruang Belajar Lainnya
Jenis Ruangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi*)
|
Jenis Ruangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi
|
1. Perpustakaan
|
1
|
12
x 7
|
R.
Ringan
|
6. Lab. Bahasa
|
1
|
12
x 8
|
BAIK
|
2. Lab. IPA
|
2
|
15
x 8
12
x 9
|
Baik&R.
Ringan
|
7. Lab. Komputer
|
1
|
12
x 8
|
BAIK
|
3. Ketrampilan
|
1
|
18
x 8
|
R.
Ringan
|
8. PTD
|
-
|
-
|
-
|
4. Multimedia
|
Tidak
ada
|
-
|
-
|
9. Serbaguna/aula
|
1
|
12
x 7
|
R.
Ringan
|
5. Kesenian
|
1
|
16x7
|
Baik
|
10. Lab. Internet
|
1
|
9
x 8
|
Baik
|
c) Data Ruang Kantor
Jenis Ruangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi*)
|
1. Kepala Sekolah
|
1
|
7
x 4
|
Cukup
Baik
|
2. Wakil Kepala Sekolah
|
Tidak
ada
|
-
|
-
|
3. Guru
|
2
|
7
x 8
|
Baik
|
4. Tata Usaha
|
1
|
7
x 8
|
Cukup
Baik
|
5. Tamu
|
1
|
7
x 4
|
Cukup
Baik
|
Lainnya: ………………
|
-
|
-
|
-
|
d)
Data Ruang Penunjang
Jenis Ruangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi*)
|
Jenis Ruangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi
|
1. Gudang
|
1
|
6
x 3
|
Rusak
|
10. Ibadah
|
1
|
10
x 10 m
|
Baik
|
2. Dapur
|
1
|
8
x 18
|
-
|
11. Ganti
|
Tidak
ada
|
-
|
-
|
3. Reproduksi
|
Tidak
ada
|
-
|
-
|
12. Koperasi
|
1
|
6
x 5 m
|
Baik
|
4. KM/WC Guru
|
10
|
2
x 1,5 m
|
Baik
|
13. Hall/lobi
|
1
|
16
x 30 m
|
Baik
|
5. KM/WC Siswa
|
26
|
2
x 1,5 m
|
Baik
|
14. Kantin
|
5
|
5
x 20 m
|
Baik
|
6. BK
|
1
|
7
x 8 m
|
Baik
|
15. Rumah Pompa/ Menara Air
|
2
|
2
x 2.5
|
-
|
7. UKS
|
1
|
4
x 7 m
|
Baik
|
16. Bangsal Kendaraan
|
1
|
5
x 12 m
|
Baik
|
8. PMR/Pramuka
|
1
|
3
x 7 m
|
Baik
|
17. Rumah Penjaga
|
1
|
6
x 6
|
Baik
|
9. OSIS
|
1
|
4 x 7 m
|
Baik
|
18. Pos Jaga
|
1
|
2
x 2
|
Baik
|
22. Lapangan Olahraga dan Upacara
Lapangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi
|
Keterangan
|
1. Lapangan
Olahraga
a. Basket
b. Bedminton
c. ........................................
d. .......................................
e. ........................................
|
1
1
|
30 x 16 m
16 x 7 m
|
Baik
Baik
|
|
2. Lapangan
Upacara
|
1
|
56 x 20 m
|
23. Kepemilikan Tanah : Pemerintah/yayasan/pribadi/menyewa/menumpang*)
Status Tanah : SHM/HGB/Hak Pakai/Akte Jual Beli/Hibah*)
Luas Lahan/Tanah : 9.745m2
Luas Tanah Terbangun : 3.634 m2
Luas Tanah Siap Bangun : - m2
Luas Lantai Atas Siap Bangun : 3.364 m2
*) Coret yang tidak perlu
Lampirkan rencana tapak (site plan)
sekolah skalatis (berskala) dengan ukuran kertas minimal A4.
24. Perabot (furniture)
utama
a. Perabot ruang
kelas (belajar)
No.
|
Jumlah ruang
kelas
|
Perabot
|
|||||||||||||||
Jumlah dan
kondisi meja siswa
|
Jumlah dan
kondisi kursi siswa
|
Almari + rak
buku/alat
|
Papan tulis
|
||||||||||||||
Jml
|
Baik
|
Rsk.
Ringan
|
Rsk.
Berat
|
Jml
|
Baik
|
Rsk.
Ringan
|
Rsk.
Berat
|
Jml
|
Baik
|
Rsk.
Ringan
|
Rsk.
Berat
|
Jml
|
Baik
|
Rsk.
Ringan
|
Rsk.
Berat
|
||
1
|
28
|
806
|
540
|
190
|
76
|
806
|
520
|
231
|
55
|
11
|
11
|
-
|
-
|
28
|
28
|
-
|
-
|
jadilah sekolah yang berkualitas, unggul disegala bidang, berdisiplin tinggi budaya yang ramah lingkungan antara siswa dan guru^^ profesionalitas dalam bekerja
BalasHapus